Your Ad Here

To find what your looking for :

Custom Search

Search Results / Hasil Pencarian :

_______________________________________

Salam Lestari
...

Selamat datang di blog GANENDRA GIRI.
Blog ini merupakan forum komunikasi bagi kita-kita yang menyukai petualangan dan olah raga alam bebas. Blog ini sengaja dibuat untuk menyampaikan angan-angan, ide-ide kita yang berkaitan tentang Alam Indonesia, jadi silakan saja posting bebas di blog kita ini artikel-artikel menarik dan pengalaman kita dalam pendakian gunung, ekspedisi, panjat tebing, penelusuran gua dan lain-lain.

Dan tidak menutup kesempatan untuk posting uneg-uneg yang lain yang tidak ada hubungan dengan Alam atau Ganendra Giri, yang penting hubungan silaturahmi kita dapat terjaga dengan baik dan diharapkan justru dapat lebih erat serta memetik keberhasilan bersama dari blog ini.

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan berita terhangat atau posting terbaru dari teman-teman ganendra-giri.blogspot.com langsung ke email masing-masing, silakan masukan alamat email pada kotak isian disebelah KANAN ini dan tekanlah "subscribe me!"... ok??

Atau apabila mau CHATTING sesama Gmail melalui blog ini silakan SIGN IN di Kotak Google Talk.

Akhir kata, selamat posting dan
Avig Nam Astu
Semoga Selamat Selalu

Tomy Chrisbiantoko/Slendro-35
Admin WWW.GanendraGiri.COM

Selasa, 24 Juni 2008

Kutub Utara Tanpa Es Mulai Tahun Ini

Kutub Utara Tanpa Es Mulai Tahun Ini


Kenaikan suhu di kawasan Arktik, kutub utara, menyebabkan pencairan es yang semakin cepat dan meluas. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, wilayah kutub utara mungkin tanpa es pada musim panas tahun ini.

"Kami memprediksi tahun ini kawasan kutub utara mungkin bebas dari es untuk pertama kalinya," ujar David Barber, peneliti dari Universitas Manitoba, yang tengah melakukan ekspedisi dengan kapal pemecah es Kanada, CCGS Amundsen.

Pendapat Barber didukung pengamatan langsung dan citra satelit. Data menunjukkan, sebagian besar es di sana merupakan lapisan muda yang berusia kurang dari setahun. Lapisan tersebut terbentuk sepanjang musim dingin.

Es muda sangat rapuh dan berisiko mencair pada musim panas lebih tinggi dari es abadi yang terbentuk sejak bertahun-tahun. Kenaikan suhu juga berisiko mencairkan lapisan es yang lebih tebal meskipun ada peluang bertahan pada musim panas tahun ini.

Perkiraan ini lebih cepat daripada prediksi selama ini. Pada model iklim sebelumnya, kawasan es Arktik diprediksi baru bebas es untuk pertama kalinya pada tahun 2013-2030. Hal tersebut menunjukkan ancaman pemanasan global datang lebih cepat.
"Kita kehilangan 65 persen lapisan es di belahan utara dalam setahun," ujar Barber. Rekor pencairan yang dirasakan tahun lalu, menurut para ilmuwan, disebabkan kombinasi arus hangat, angin kering, dan sinar matahari yang terik. Kombinasi yang merusak itu belum tentu terjadi tahun ini, namun dampaknya sudah mulai terlihat.

Kawasan yang mencair sebenarnya segera tertutup kembali lapisan es karena musim dingin yang juga ekstrem. Namun, lapisan es yang terbentuk terlalu tipis sehingga rentan pecah dan mencair.

*Antara.co.id &

Posted by: "Pritha Afsharry" afsharry@yahoo.com to
Pangrango@yahoogroups.com
Date: Mon Jun 23, 2008 2:30 am ((PDT))

Tidak ada komentar: